Friday, September 19, 2008

Adab Memotong Kuku

"Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan dari keterangan-keterangan dan petunjuk hidayat, sesudah Kami menerangkannya kepada manusia di dalam Kitab Suci (Al-Quran), mereka itu dilaknat oleh Allah dan dilaknat oleh sekalian makhluk" (Surah Al- Baqarah ayat 159)

Dari Abdullah bin 'Amr ra. Rasulullah saw bersabda yang bermaksud, "Sampaikanlah apa-apa yang datang dariku walaupun satu ayat" (hadis Riwayat Bukhari)



Antara lain hikmah mengamalkan memotong kuku atau rambut pada hari-hari yang baik iaitu Isnin, Khamis dan Jumaat serta mengamalkan menanam kuku dan rambut yang dipotong atau gugur ialah awet muda.

Semoga Allah menyatukan hati-hati kita, menjadikan kita saling mencintai karena Dia; sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi Rasululllah saw bersabda:

"Di sekitar Arsy ada menara-menara dari cahaya. Di dalamnya ada orang-orang yang pakaiannya dari cahaya dan wajah-wajah mereka bercahaya. Mereka bukan para nabi atau syuhada'. Para nabi dan syuhada' iri kepada mereka. Ketika ditanya para shahabat, Rasulullah menjawab, "Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai karena Allah, saling bersahabat karena Allah dan saling kunjung karena Allah."

No comments: